Kamis, 16 Desember 2010

SILABUS KELAS X SEMESTER GENAP 2011

SILABUS OPERASIONAL

Jenis sekolah : SMA Negeri 1 Pamotan
Mata Pelajaran : Sosiologi
Semester/ Kelas : Genap/ X IPS
Alokasi waktu : 30 jam
Tahun Pelajaran : 2010/2011

Standar Kompetensi Lulusan
2. Menjelaskan proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.

Standar Kompetensi
2.1 Menerapkan Nilai dan Norma dalam Proses Pengembangan Kepribadian
2.2 Mengiden-tifikasi berbagai perilaku menyimpang dan pengendalian sosial dalam masyarakat


Kompetensi Dasar
      2.1 Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian.
      2.2 Mendeskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan pengendalian sosialnya

Materi
2.1.
  • Pengertian sosialisasi
  • Proses sosialisasi
  • Bentuk-bentuk sosialisasi
  • Media sosialisasi
  • Pola sosialisasi dalam keluarga
  • Pengertian kepribadian
  • Faktor-faktor dalam perkembangan kepribadian
2.2.a
  • Pengertian perilaku menyimpang
  • Faktor penyebab perilaku menyimpang
  • Perilaku menyimpang sebagai akibat proses sosialisasi tidak sempurna & proses sosialisasi akibat sub kebudayaan menyimpang
  • Teori-teori penyimpangan sosial
    T. Biologis
    T. Labeling
    T. Sosialisasi
    T. Transmisi budaya
    T. Anomi
  • Media pembentukan perilaku menyimpang
2.2.b
  • Pengertian pengendalian sosial
  • Fungsi pengendalian sosial
  • Jenis-jenis pengendalian sosial
  • Sifat pengendalian sosial
  • Cara pengendalian sosial

Indikator Soal
2.1.
  • Menjelaskan pengertian sosialisasi
  • Menjelaskan proses sosialisasi
  • Mengidentivikasi bentuk-bentuk sosialisasi
  • Menyebutkan media dalam sosialisasi
  • Menganalisis pola sosialisasi dalam keluarga
  • Menjelaskan pengertian kepribadian
  • Menjelaskan faktor-faktor dalam perkembangan kepribadian
2.2.a
  • Menjelaskan pengertian perilaku menyimpang
  • Mengidentivikasi faktor penyebab perilaku menyimpang
  • Menganalisis perilaku menyimpang sebagai akibat proses sosialisasi tidak sempurna
  • Menganalisis proses sosialisasi akibat sub kebudayaan menyimpang
  • Menjelaskan teori-teori penyimpangan sosial (T. Biologis, T. Labeling, T. Sosialisasi, T. Internalisasi, T. Enkulturasi, T. Transmisi budaya, T. Anomi)
  • Menyebutkan media pembentukan perilaku menyimpang
2.2.b
  • Menjelaskan pengertian pengendalian sosial
  • Menyebutkan fungsi dari pengendalian sosial
  • Menyebutkan jenis-jenis pengendalian sosial
  • Menyebutkan sifat-sifat dalam pengendalian sosial
  • Menganalisis cara pengendalian sosial
Bentuk tes
2.1.
  • Tugas pertama menyusun laporan: mendeskripsikan proses sosialiasi dalam keluarga.
  • Ulangan pertama (soal uraian)

2.2.a
  • Tugas kedua menyusun laporan: mendeskripsikan perilaku menyimpang anak muda di lingkungan sekitar siswa, kemudian mencari faktor penyebab perilaku penyimpagan tersebut, disertai argumen tentang solusi bagaimana cara mengatasi perilaku menyimpang tersebut.
    Catatan: dalam merangkum, tiap siswa tidak boleh memilih suku bangsa yang sama.
  • Ulangan kedua (soal uraian)
2.2.b
  • Tugas ketiga: membuat poster yang bertemakan tentang “pengendalian sosial untuk perilaku menyimpang”.
    Catatan: Sebagai tugas kelompok terdiri lima siswa. Poster berukuran kertas A3.
  • Ulangan ketiga (soal uraian)
  • Try out ujian Semester (soal pilihan ganda dan uraian)

Bobot nilai
Nilai akhir : (T.1 + T.2 + T.3 + UL.1 + UL.2 + UL.3 + Mid.Smt + Uj. Smt) / 8
Catatan:
T = Tugas
UL = Ulangan
Mid.Smt = Ujian Mid Semester
Uj.Smt = Ujian Semster
+ = Tambah
/ = Bagi
Sumber bacaan
  • James Melalatoa. 1982. Ensiklopedi Suku Bangsa. Jakarta. Penerbit
  • Pengarang. Tahun. Buku Kelompok Sosial. Jakarta, Penerbit
  • Pengarang. Tahun. Buku Multikultural. Jakarta, Penerbit
  • Tim Sosiologi. 2010. Sosiologi 2 XI SMA KTSP 2006. .Semarang. Yudhistira.
  • LKS Sosiologi Semester Genap Kelas XI Jurusan IPS
  • SMAPA. 2010. Hand out Sosiologi SMA N 1 Pamotan Kelas X, XI, XII
  • Sumber dari media massa (cetak dan elektronik) yang relevan


Pamotan, 15 Desember 2010
Guru Mapel Sosiologi
SUHADI
+6285226258170
face book: sosiologismapa


2 komentar:

Andriyana mengatakan...

Kalo di sekolah kami di Bekasi,bahwa silabus d dalamnya terdapat format tersendiri mengenai tatap muka, tugas terstruktur, dan tugas mandiri,,,,
adakah model baru tentang silabus sosiologi?

sosiologi smapa mengatakan...

setahu saya, BNSP dalam membuat silabus tidak pernah memberi contoh RPP. BNSP hanya memberi contain yang ada pada RPP. Adapun RPP yang tesebar di sekolah hanyalah contoh dari PUSKUR. Jadi intinya format RPP itu bebas, yang penting standar contain dari BNSP dipakai, itupun sifatnya dinamis.

Sebenarnya, PUSKUR tidak ada kerjaan, ketika BNSP telah me-louncing kurikulum KTSP. Karena PUSKUR tidak punya kerjaan, dan mental guru yang sudah terpola tergantung, maka dipakailah (bahkan persis seperti rpp dari puskur) rpp itu. Padahal ideologi kurikulum KTSP adalah kebebasan untuk menciptakan,bukan kurikulum yang penuh dengan intervensi yang tidak pernah menciptakan.

Jadilah bangsa kita menjadi bangsa yang tergantung.

Semoga bermanfaat. Terimakasih.