Senin, 13 Desember 2010

PEMBAHASAN SOAL UJIAN SEMESTER AKHIR KELAS XI IPS 2010


PEMBAHASAN SOAL UJIAN SEMESTER AKHIR
KELAS XI JURUSAN IPS
TAHUN PELAJARAN 2010/2011

  1. Jawaban B
  2. Jawaban A
  3. Jawaban A
  4. Jawaban C
  5. Jawaban B
  6. Jawaban A & B
  7. Jawaban B
  8. Jawaban B
  9. Jawaban C
  10. Jawaban D
  11. Jawaban E
  12. Jawaban C
  13. Jawaban A & C
  14. Jawaban A
  15. Jawaban C
  16. Jawaban E
    Pembahasan: Indonesia memiliki multiras diantaranya; ras malayan mongoloid (tinggal di Jawa), ras negroid (yang sering di sebut ras melanesian yang tinggal di Papua, dan ras Veddoid (yang tinggal di Sulawesi Selatan).
  17. Jawaban A
  18. Jawaban A & D
    Pembahasan: Perbedaan agama terletak pada cara beribadahnya. Khusus di Indonesia, agama juga berkontribusi pada pembentukan identitas nasional.
  19. Jawaban B
  20. Jawaban C dan D
    Pembahasan: Gender itu kontruksi dalam memandang fitroh laki-laki dan fitroh perempuan yang selalu dinamis. Jenis kelamin itu berbedaan berdasarkan alat kelamin. Laki-laki memiliki penis, perempuan memiliki vagina, penghasil asi, dan rahim.
  21. Jawaban B
  22. Jawaban A
  23. Jawaban E
  24. Jawaban B
  25. Jawaban D
  26. Jawaban C
  27. Jawaban B
  28. Jawaban D
    Pembahasan: Terdapat kata “tumpang tindih keanggotaannya”. Yang dimaksud dengan kata di depan yaitu suatu kelompok yang anggotanya dari berbagai macam perbedaan. Yang demikian itu disebut interseksi. Soal ini ketegori soal yang tidak pas dalam memilih frasa. Ok
  29. Jawaban D

  1. Jawaban A & C
    Pembahasan: Primordialisme dapat didorong dari dari keyakinan yang dianut dan peranan untuk mempertahankan kesatuan sosial.
  2. Jawaban E
  3. Jawaban SOAL TIDAK JELAS
    Pembahasan: terdapat kata “dampak” seharusnya “konsekwensi”. Pilihan jawaban dari konsekwensi stratifikasi sosialpun tidak jelas. Harusnya diperjelas dari tiap-tiap jawaban, misalnya cara berpakaian. Apa konsekwensi cara berpakaian dari strata sekarang dan strata sosial sebelumnya. Ok
  4. Jawaban C
  5. Jawaban E
  6. Jawaban B
  7. Jawaban B
    Pembahasan: intidari persaingan/ kompetisi yaitu untuk mencapai tujuan. Adapun caranya bersifat dinamis. Konflik dan kekerasan itu berbeda. Konflik itu pertentangan pandangan/ pemikiran. Sedangkan kekerasan itu pertentangan pandangan yang tidak berujung yang akhirnya terjadi upaya untuk mencederai/ menghilangkan nyawa.
  8. Jawaban D
  9. Jawaban E
  10. Jawaban C
  11. Jawaban E
  12. Jawaban OPSI JAWABAN TIDAK JELAS
    Pembahasan: konflik itu perbedaan pandangan, bukan tindakan anarkhis. Jawabnya adalah adanya perbedaan yang menghasilkan konsensus perbaikan (point 4)
  13. Jawaban A
  14. Jawaban E
  15. Jawaban SOAL TIDAK JELAS
    Pembahasan: gambar yang menunjukkan proses mobilitas sosial (subjeknya) tidak jelas. Selanjutnya, opsi jawaban juga tidak jelas, misalnya intergenerasi naik, harusnya mobilitas sosial naik intergenerasi. Ok
  16. Jawaban C
  17. Jawaban A
  18. Jawaban D
  19. Jawaban C
    Pembahasan: Bagaimana integrasi dapat terwujud. Caranya banyak. Tergantung masalahnya. Jika masalahnya adalah multikultural maka jawabnya adalah dikembangkannya faham saling menghormati (pluralisme dan inklusifisme) dan menjalankan tatapemerintahan yang bersih, jujur, dan tepat. Dalam opsi jawaban yaitu saling tidak berburuk sangka antar inidivu dan atau kelompok.
  20. Jawaban OPSI JAWABAN SANGAT LUAS
Pembahasan: apa faktor pendorong dan penarik terjadinya disintegrasi? Tentu sangat luas
jawabannya. Semua opsi yang ditawarkan (A hingga E) benar, tergantung pada masalahnya,objeknya, dan sudut pandangnya.

  1. Jawaban SOAL TIDAK JELAS
    Pembahasan: Gam (Gerakan Aceh Merdeka) dan masih banyak lagi, termasuk permasalah nasional pasca ordelama hingga reformasi.
  2. Jawaban
    (lihat di LKS Star Idola kelas XI jurusan IPS)
  3. Jawaban
    Ukuran penggolongan stratifikasi sosial:
    - kepemilikan ekonomi / kekayaan
    - peranan politik dalam kekuasaan
    - kehormatan/ penghargaan yang diberikan oleh masyarakat
    - penguasaan ilmu pengetahuan
  4. Jawaban
    Sikap memandang rendang suku/ etnis lain. Etnosentrisme dipandang akan menciptakan disintegrasi. Namun etnosentrisme juga memiliki sisi positif/ manfaat, misalnya memperkuat karakter tiap-tiap suku/ etnis. Menggali karakter-karekter yang multikultural ini dapat menjadi karakter bangsa.
  5. Jawaban
    Kekerasan yaitu tindakan anarkhis seseorang atau kelompok yang mengancam eksistensi suatu objek (benda) atau subjek (manusia lainnya).
    Ciri-ciri kererasan;
    - akomodasi yang gagal
    - pelaku (subjeknya) adalah manusia
    - yang dijadikan objek dapat berupa benda dan juga manusia
    - bertujuan menyingkirkan atau menghilangkan objek atau subjek
    - memunculkan tindakan balas dendam
    - jika terjadi kekerasan, biaya akomodasinya sangat mahal
  6. Jawaban
    Jika mobilitas sosial memunculkan konflik, maka beberapa jenis konflik yang disebabkan karena mobilitas sosial diantanya; konflik okonomi, konflik politik, konflik kehormatan, dan konflik pendidikan/ profesi.

Tidak ada komentar: