Selasa, 19 Oktober 2010

Pembahasan Soal Mid Sosiologi Kelas X

Sejarah sosiologi

Lahirnya ilmu sosiologi di dorong oleh dua faktor, yaitu; (1) munculnya kekuatan sosial, dan (2)  ilmu eksak (IPA) tidak mampu menjawab masalah sosial yang sedang muncul.

Penjelas (1):
Munculnya kekuatan sosial diantaranya;
-         revolusi politik abad 19 di prancis
-         revolusi industri abad 20 di eropa
-         perkembangan kapitalisme
-         feminisme (kebangkitan perempuan)
-         sosialisme (kebangkitan masyarakat melawan kapitalisme)
-         urbanisasi (perpindahan orang desa ke kota)
-         perubahan keagamaan (religius menuju kemakmuran)
-         pertumbuhan ilmu pengetahuan (sains)
(2): sangat jelas

Masalah sosial terkini dan analisisnya

Bebberapa masalah sosial terkini, concohnya dapat di akses dalam link berikut ini http://sosiologismapa.blogspot.com/2010/09/masalah-masalah-social-terkini.html

Berikut akan saya demonstrasikan suatu masalah sosial dan analisisnya.
Masalah sosial: Pamotan Rawan Macet
Sebab musabab: Ledakan penduduk, urbanisasi, aktivitas penambangan, alih fungsi lahan, eksplorasi sumber daya air, pemukiman bertambah, tata ruang jalan sempit, naiknya pengguna motor dan mobil, aktivitas pendidikan dan ekonomi, dll.
Dampak: Pamotan macet
Solusinya: Penataan kembali tata ruang pamotan perlu dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat.

Contoh pada faktor-faktor interaksi sosial

Imitasi           : Prima Ismail menggunakan fashion baby dengan dilengkapi dot dan popok pada saat pentas perayaan 17 Agustus 2010 di Pamotan dengan harapan dia seperti bayi sehat tanpa cacat.
Identifikasi     : pak jumari menggunakan sepeda motor Yupiter, karena dia teropsesi seperti Lorenso (juara dunia balap motor GP 2010)
Sugesti          : pak Jumari tertipu tukang gigi gara-gara membeli obat pemutih gigi. pak Jumari ingin sekali giginya putih. Namun pada saat menggunakan obat itu, giginya malah ompong.
Simpati          : pak Jumari  mengucapkan selamat ulang tahun kepada pak Suhadi dengan membawa hadiah buku Sosiologi kelas X.
Empati           : pak Suhadi menyumbangkan sebagian gajinya untuk para korban banjir di Wasior, Papua, Indonesia.

Penjelas:
Sangat jelas

Contoh pada bentuk interaksi sosial

Kerjasama/ gotongroyong      : masyarakat pamotan sedang membersihkan selokan di sepanjang bantaran sungai
Akomodasi                            : pak Cahyo Purnomo mengundang dua kelompok pendukung ketua OSIS SMAPA yang berbeda pandangan dalam menyusun program kerja OSIS ke depan
Asimilasi                                : budaya Pop (popular) anak muda Jakarta saat ini merupakan budaya baru dari hasil percampuran budaya Barat dan budaya Timur.
Akulturasi                              : agama Kejawen merupakan percampuran dari agama Hindhu dan ajaran Islam. Hal ini dapat dilihat masih banyaknya kenduri yang menggunakan mantra dan menyan.
Persaingan/ kompetisi            : Bayu Widhi dan Lilik Kristiawan sedang berpacu memenangkan lomba catur di ajang class meeting SMAPA tahun 2010.
Kontravensi                           : Judi sabung ayam di Bali masih menjadi perdebatan panjang dalam menentukan apakah  tergolong tindakan adat atau tindakan pidana.
Konflik                                  :  Malaysia dan Indonesia hingga sekarang masih meributkan tapal batas laut antar dua negara tersebut.


Penjelas:
Sangat jelas

Tidak ada komentar: