SILABUS OPERASIONAL
Jenis sekolah : SMA Negeri 1 Pamotan
Mata Pelajaran : Sosiologi
Semester/ Kelas : Genap/ XI IPS
Alokasi waktu : 30 jam
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi Lulusan
5. Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multicultural.
Standar Kompetensi
5. Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
Kompetensi Dasar
5.1. Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat
5.2. Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
5.3. Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
Materi
5.1.
- Pengertian kelompok sosial
- Tipe-tipe kelompok sosial
- Perkembangan kelompok sosial
- Hubungan kelompok sosial dengan masyarakat
5.2.
- Latar belakang terbentuknya masyarakat majemuk
- Karakteristik masyarakat majemuk
- Dampak dari masyarakat majemuk (positif dan negatif)
- Sikap-sikap yang harus dilakukan di dalam masyarakat majemuk
5.3.
- Pengertian masyarakat multikultural
- Ciri-ciri masyarakat multikultural
- Manfaat masyarakat multikultural
- Masalah-masalah yang muncul dalam masyarakat multikultural
- Menyebutkan wujud pemecahan masalah dalam masyarakat multikultural
- Faktor yang mempengaruhi sikap primordialisme
Indikator Soal
5.1.
- Melakukan identivikasi kelompok social reference group
- Melakukan identivikasi kelompok sosial kelompok solidaritas mekanik
- Menganalisis faktor pendorong (luar & dalam) terbentuknya lembaga sosial
- Mengidentifikasi perkembangan kelompok sosial (desa & kota)
- Menjelaskan latar belakang terbentuknya masyarakat majemuk
- Mengidentivikasi karakteristik masyarakat majemuk
- Menganalisis dampak dari masyarakat majemuk (positif dan negatif)
- Sikap-sikap yang harus dilakukan didalam masyarakat majemuk
5.2.
5.3.
- Menjelaskan pengertian masyarakat multikultural
- Menyebutkan ciri-ciri masyarakat multikultural
- Menyebutkan manfaat masyarakat multikultural
- Menyebutkan masalah yang muncul dalam masyarakat multikultural
- Menyebutkan wujud pemecahan masalah dalam masyarakat multikultural
- Menyebutkan faktor yang mempengaruhi sikap primordialisme
Bentuk tes
5.1.
- Tugas pertama menyusun laporan: mendeskripsikan keberadaan lembaga sosial yang ada pada lingkungan sekitar siswa.
- Ulangan pertama (soal uraian)
5.2.
- Tugas kedua menyusun makalah: merangkum salah satu kelompok suku bangsa di Indonesia (buku “Ensiklopedi Suku Bangsa”), disertakan ulasan tentang masalah yang muncul (melacak melalui internet), serta memberikan argumen pemecahan masalahnya (pendapat pribadi).Catatan: dalam merangkum, tiap siswa tidak boleh memilih suku bangsa yang sama.
- Ulangan kedua (soal uraian)
5.3.
- Tugas ketiga: membuat poster yang bertemakan tentang “hidup rukun dalam masyarakat multikultural”.Catatan: Sebagai tugas kelompok terdiri lima siswa. Poster berukuran kertas A3.
- Ulangan ketiga (soal uraian)
- Try out ujian Semester (soal pilihan ganda dan uraian)
Bobot nilai
Nilai akhir : (T.1 + T.2 + T.3 + UL.1 + UL.2 + UL.3 + Mid.Smt + Uj. Smt) / 8
Catatan:
T = Tugas
UL = Ulangan
Mid.Smt = Ujian Mid Semester
Uj.Smt = Ujian Semster
+ = Tambah
/ = Bagi
Sumber bacaan
- M. J. Melalatoa. 1995. Ensiklopedi Suku Bangsa di Indonesia. Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.
- H.A.R. Tilaar. 2004. Multikulturalisme: Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta. Gramedia Widiasarana Indonesia.
- Pengarang. Tahun. Buku Multikultural. Jakarta, Penerbit
- Tim Sosiologi. 2010. Sosiologi 2 XI SMA KTSP 2006. .Semarang. Yudhistira.
- LKS Sosiologi Semester Genap Kelas XI Jurusan IPS
- SMAPA. 2010. Hand out Sosiologi SMA N 1 Pamotan Kelas X, XI, XII
- Sumber dari media massa (cetak dan elektronik) yang relevan
- website: www.sosiologismapa.blogspot.com/
- website: http://id.wikipedia.org/
Pamotan, 15 Desember 2010
Guru Mapel Sosiologi
SUHADI
+6285226258170
face book: sosiologismapa
e-mail: sosiologismapa@yahoo.co.id
website: www.sosiologismapa.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar